MAKALAH
Pendidikan Karakter dan Anti Korusi
RAMAH
Oleh
XXXXXXXXXX
L 131 13 194
L 131 13 194
Jurusan Kehutanan
Fakultas Kehutanan
2014
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Secantik
apapun atau setampan apapun seseorang, jika ia termasuk orang yang judes,
pemarah pasti akan hilanglah segala keindahan fisiknya bahkan bisa jadi yang
tampak adalah kebalikannya, wajah yang tidak sedap dipandang, sikap yang
menyebalkan dan tentu saja orang enggan berakrab-akrab dengannya. adapun
sebaliknya, kita sering pula berjumpa dengan orang yang penampilan luamya
biasa-biasa saja namun tampak bersahaja, dan tampak begitu manis serta
menyejukkan, kita yang bergaul dengannya pun akan merasa nyaman dalam memandang
dan mendengarkannya, tahukah anda siapa orang tersebut? tak salah lagi dialah
“si ramah”. Sosok pribadi yang tampil dengan segala keramahannya dan bersikap
santun kepada siapapun. Ia tak memerlukan makeup yang tebal, jas yang keren
atau topeng-topeng mahal untuk menutupi kekurangannya, karena keindahan hakiki
itu tidak terletak pada topeng yang kita kenakan, sebagus apapun aksesoris
tubuh kita, melainkan terdapat pada isinya. Pada hati kita yang bersih.
2.
Rumusan Masalah
a.
Apakah yang
dimaksud dengan sikap ramah?
b.
Bagaimanakah
ciri-ciri menjadi orang yang ramah?
3.
Tujuan.
a. Mengetahui pengertian sikap ramah dalam lingkungan
sehari-hari.
b. Mengetahui ciri - ciri menjadi orang yang ramah.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian sikap
ramah
Dalam Kamus Besar
Bahasa Indonesia, sikap ramah adalah baik tutur kata dan sikapnya. Salah satu
perwujudan sikap ramah adalah sikap mudah tersenyum pada orang lain.
Senyum merupakan
sikap yang mudah, ceria, ringan dan sederhana untuk dilakukan disamping itu
senyum adalah murah, tidak usah membeli dan persediannya luar biasa banyaknya.
Senyuman mengandung samudera hikmah atau kemanfaatan yang luar biasa baik bagi
pemberi maupun penerimanya. Keluarbiasaan senyuman sebagai sebuah kekuatan
universal yang menarik sekali, karena senyuman akan menunjukkan hal yang
positif. Senyum yang tulus dengan hati terbuka akan memancarkan sikap mental
yang positif. Akan memancar kehangatan dari orang tersebut. Sebuah perasaan yang
mudah menular. Juga menunjukkan keterbukaan dengan orang lain. Terasa sebuah
perasaan keyakinan akan hidup dan yang terasa lainnya, apapun yang dikatakan
akan terasa lebih manis, enak didengar dan menyenangkan bagi orang lain.
Sikap ramah yang
lain adalah sikap menghargai dan menghormati orang lain tanpa melihat latar
berlakang sosialnya. Orang yang ramah jarang menampakkan sikap emosi yang
tinggi sehingga dalam berinteraksi pada orang lain merasa senang dan nyaman.
Orang yang
ramah, murah senyum, ringan tangan dalam membantu orang lain, kebaikan akan
terpancar dari dirinya, siapapun akan suka berdekatan dan berakrab-akrab
dengannya. Orang akan merasakan manfaat darinya, biasanya bila orang sudah
memiliki rasa suka maka akan timbul komitmen untuk membela, melindungi, atau
berkorban untuk orang yang disukai, baik diminta ataupun tidak.
B.
Ciri-ciri orang
yang ramah
Ciri-ciri menjadi orang
yang ramah sebagai berikut :
a.
Jangan
mengkritiknya.
Tidak semua orang suka dikritik. Hakikatnya,
walaupun ada yang memberitahu itu salah, sebagian orang tetap tidak suka
dikritik. Kritikan bagi manusia contohnya mengumbar kelemahan orang tersebut.
Oleh karena itu, belajarlah menolak secara halus untuk mengkritik orang. Dan
belajarlah menghargai orang lain.
b.
Perbanyak Senyum
Senyum adalah komunikasi yang penting. Bukan hanya
sebagai komunikasi, tetapi juga sebagai ibadah, karna “senyum adalah Ibadah”.
Sama hal nya menghantar isyarat salam kepada orang disekeliling. Bahwa anda
seolah-olah memberi signal atau isyarat kepada orang tersebut tanpa sadar bahwa
anda seorang yang peramah.
c.
Bersikap Jujur.
Setiap
orang ingin dihargai. Mereka menginginkan perasaan bahwa mereka seorang yang
dapat di percaya. Jadi, jadikan mereka itu orang yang kalian percayakan. Dan
lakukanlah dengan jujur dengan mencari kelebihan mereka untuk dibicarakan agar
mereka merasa nyaman dan tenang saat dekat dengan kita.
BAB III
PENUTUP
1.
Kesimpulan.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Sikap ramah
adalah baik tutur kata dan sikapnya.
Senyum
merupakan sikap yang mudah, ceria, ringan dan sederhana untuk dilakukan
disamping itu senyum adalah murah, tidak usah membeli dan persediannya luar
biasa banyaknya
Ciri-ciri
menjadi orang yang ramah yaitu jangan mengkritiknya, perbanyak senyum, bersikap
jujur
2.
Saran.
Sikap
ramah memang harus dilestarikan. Dalam bersikap ramah butuh pembiasaan diri agar
dapat bersikap ramah pada orang lain agar hal tersebut akan terwujudkan kehidupan
yang ramah dan harmonis.
DAFTAR PUSTAKA
Makalah Bersikap Ramah-Tamah Dalam
Keperawatan.2014. http://kti-akbid.blogspot.com/2011/03/makalah-bersikap-ramah-tamah-dalam
Diakses pada Tanggal 18 Maret 2014 Pukul
10.00 WITA
Diakses pada Tanggal 16 Maret 2014 Pukul
11.21 WITA
Ramah Tamah.2014. http://agisetya.blogspot.com/2013/05/menjadi-orang-yang-ramah/
Diakses pada Tanggal 17 Maret 2014 Pukul
10.34 WITA
TrisnoYuwono-Pius Abdillah. 1994. Kamus
Besar Bahasa Indonesia. Arkola. Surabaya
No comments:
Post a Comment