Saturday, October 11, 2014

TUGAS MAKALAH pendidikan karakter dan anti korupsi "RAMAH"

MAKALAH
Pendidikan Karakter dan Anti Korusi
RAMAH




Oleh
XXXXXXXXXX
L 131 13 194






Jurusan Kehutanan
Fakultas Kehutanan

2014










BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang

Secantik apapun atau setampan apapun seseorang, jika ia termasuk orang yang judes, pemarah pasti akan hilanglah segala keindahan fisiknya bahkan bisa jadi yang tampak adalah kebalikannya, wajah yang tidak sedap dipandang, sikap yang menyebalkan dan tentu saja orang enggan berakrab-akrab dengannya. adapun sebaliknya, kita sering pula berjumpa dengan orang yang penampilan luamya biasa-biasa saja namun tampak bersahaja, dan tampak begitu manis serta menyejukkan, kita yang bergaul dengannya pun akan merasa nyaman dalam memandang dan mendengarkannya, tahukah anda siapa orang tersebut? tak salah lagi dialah “si ramah”. Sosok pribadi yang tampil dengan segala keramahannya dan bersikap santun kepada siapapun. Ia tak memerlukan makeup yang tebal, jas yang keren atau topeng-topeng mahal untuk menutupi kekurangannya, karena keindahan hakiki itu tidak terletak pada topeng yang kita kenakan, sebagus apapun aksesoris tubuh kita, melainkan terdapat pada isinya. Pada hati kita yang bersih.

2.      Rumusan Masalah

a.       Apakah yang dimaksud dengan sikap ramah?
b.      Bagaimanakah ciri-ciri menjadi orang yang ramah?

3.      Tujuan.

a.       Mengetahui pengertian sikap ramah dalam lingkungan sehari-hari.
b.      Mengetahui ciri - ciri menjadi orang yang ramah.



BAB II
PEMBAHASAN

A.     Pengertian sikap ramah

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, sikap ramah adalah baik tutur kata dan sikapnya. Salah satu perwujudan sikap ramah adalah sikap mudah tersenyum pada orang lain.
Senyum merupakan sikap yang mudah, ceria, ringan dan sederhana untuk dilakukan disamping itu senyum adalah murah, tidak usah membeli dan persediannya luar biasa banyaknya. Senyuman mengandung samudera hikmah atau kemanfaatan yang luar biasa baik bagi pemberi maupun penerimanya. Keluarbiasaan senyuman sebagai sebuah kekuatan universal yang menarik sekali, karena senyuman akan menunjukkan hal yang positif. Senyum yang tulus dengan hati terbuka akan memancarkan sikap mental yang positif. Akan memancar kehangatan dari orang tersebut. Sebuah perasaan yang mudah menular. Juga menunjukkan keterbukaan dengan orang lain. Terasa sebuah perasaan keyakinan akan hidup dan yang terasa lainnya, apapun yang dikatakan akan terasa lebih manis, enak didengar dan menyenangkan bagi orang lain.
Sikap ramah yang lain adalah sikap menghargai dan menghormati orang lain tanpa melihat latar berlakang sosialnya. Orang yang ramah jarang menampakkan sikap emosi yang tinggi sehingga dalam berinteraksi pada orang lain merasa senang dan nyaman.
Orang yang ramah, murah senyum, ringan tangan dalam membantu orang lain, kebaikan akan terpancar dari dirinya, siapapun akan suka berdekatan dan berakrab-akrab dengannya. Orang akan merasakan manfaat darinya, biasanya bila orang sudah memiliki rasa suka maka akan timbul komitmen untuk membela, melindungi, atau berkorban untuk orang yang disukai, baik diminta ataupun tidak.

B.     Ciri-ciri orang yang ramah

Ciri-ciri menjadi orang yang ramah sebagai berikut :

a.       Jangan mengkritiknya.

Tidak semua orang suka dikritik. Hakikatnya, walaupun ada yang memberitahu itu salah, sebagian orang tetap tidak suka dikritik. Kritikan bagi manusia contohnya mengumbar kelemahan orang tersebut. Oleh karena itu, belajarlah menolak secara halus untuk mengkritik orang. Dan belajarlah menghargai orang lain.

b.      Perbanyak Senyum

Senyum adalah komunikasi yang penting. Bukan hanya sebagai komunikasi, tetapi juga sebagai ibadah, karna “senyum adalah Ibadah”. Sama hal nya menghantar isyarat salam kepada orang disekeliling. Bahwa anda seolah-olah memberi signal atau isyarat kepada orang tersebut tanpa sadar bahwa anda seorang yang peramah.

c.       Bersikap Jujur.

Setiap orang ingin dihargai. Mereka menginginkan perasaan bahwa mereka seorang yang dapat di percaya. Jadi, jadikan mereka itu orang yang kalian percayakan. Dan lakukanlah dengan jujur dengan mencari kelebihan mereka untuk dibicarakan agar mereka merasa nyaman dan tenang saat dekat dengan kita.



BAB III
PENUTUP

1.      Kesimpulan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Sikap ramah adalah baik tutur kata dan sikapnya.
Senyum merupakan sikap yang mudah, ceria, ringan dan sederhana untuk dilakukan disamping itu senyum adalah murah, tidak usah membeli dan persediannya luar biasa banyaknya
Ciri-ciri menjadi orang yang ramah yaitu jangan mengkritiknya, perbanyak senyum, bersikap jujur

2.      Saran.

Sikap ramah memang harus dilestarikan. Dalam bersikap ramah butuh pembiasaan diri agar dapat bersikap ramah pada orang lain agar hal tersebut akan terwujudkan kehidupan yang ramah dan harmonis.



DAFTAR PUSTAKA

Makalah Bersikap Ramah-Tamah Dalam Keperawatan.2014. http://kti-akbid.blogspot.com/2011/03/makalah-bersikap-ramah-tamah-dalam
Diakses pada Tanggal 18 Maret 2014 Pukul 10.00 WITA

Diakses pada Tanggal 16 Maret 2014 Pukul 11.21 WITA

Ramah Tamah.2014. http://agisetya.blogspot.com/2013/05/menjadi-orang-yang-ramah/
Diakses pada Tanggal 17 Maret 2014 Pukul 10.34 WITA


TrisnoYuwono-Pius Abdillah. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Arkola. Surabaya

No comments: